29 Desember 2017

Usaha Warnet dan Perizinannya

Usaha Warnet dan Perizinannya

Bagaimana dan apa saja syarat yang diperlukan dalam mengurus izin usaha warnet?
Pertanyaan dari: 0811-7900-xxx.

Terima-kasih atas pertanyaan anda, berikut kami berikan jawabannya:
Artikel berikut ini mungkin sudah banyak dijumpai ketika anda mencoba membuka penelusuran lewat internet. Namun karena muncul pertanyaan dari anda sebagai pembaca, maka tidak ada salahnya pula kami untuk menuliskan tentang bagaimana cara mengurus izin usaha warnet tersebut.

Warung internet yang disingkat Warnet adalah suatu tempat penyewaan dalam mengakses internet untuk berbagai macam keperluan di dunia maya. Bisa itu untuk keperluan browsing mencari informasi, bersosialisasi di medsos, chatting, game online dan lain sebagainya seperti jual-beli online. Usaha warnet identik dengan para kaum muda atau orang yang melek teknologi informasi masa kini, karena memang kebanyakan pengguna warnet adalah kalangan anak muda.


Sebelum mengurus izin, perlu kiranya anda terlebih dahulu menentukan jenis usaha warnet anda, apakah dalam bentuk usaha Perorangan/individu atau usaha dengan bentuk Badan Hukum, bila anda memilih Badan Hukum, maka anda dapat menghubungi Notaris untuk membuat Akta Pendirian Badan Hukum usaha anda.

Permohonan izin usaha warnet diajukan secara tertulis ke Institusi Perizinan di Kabupaten/Kota setempat dengan membawa persyaratan berupa:
  1. Kartu Tanda Penduduk.
  2. Nomor Pokok Wajib Pajak.
  3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) & Tanda Daftar Perusahaan (TDP).
  4. Lisensi Original Equipment Manufacturer (OEP) dari software yang digunakan.
  5. Bukti Kepemilikan Tempat Usaha (Sertifikat Tanah  / Surat Perjanjian Sewa menyewa).
  6. Izin Gangguan atau dikenal dengan HO (Hinder Ordonantie) dari Badan Perizinan.
  7. Surat Izin Keramaian dari pihak Kepolisian setempat (Untuk usaha warnet yang buka 24 jam).
Catatan:
Persyaratan perizinan untuk usaha warnet ditiap daerah dapat berbeda misalnya seperti Rekomendasi Pihak Terkait, karenanya syarat dan izin untuk usaha warnet ditiap daerah menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku didaerah tersebut.